Home / Server dan Jaringan / Apa itu Domain
domain

Apa itu Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan kepada sebuah website untuk mengidentifikasi alamat IP server seperti web server atau email server di internet. Setiap nama ini unik karena di dunia ini hanya ada 1 domain dengan nama yang sama alias tunggal alias satu alias siji tok.

Domain juga sering kali disebut dengan URL atau alamat website. Sebenarnya, domain dan URL itu beda sekali. Domain merupakan URL atau bagian dari URL. Semisal, domain website ini adalah codejurnal.com, namun URL dari postingan ini seperti yang anda lihat pada address bar di browser pembaca.

Gampangnya, domain itu home page dari website, sedangkan URL merupakan halaman-halaman lain di website.

Domain terdiri dari dua hal, yaitu nama domain dan ekstensi.

Semisal web penulis adalah CodeJurnal.com. CodeJurnal adalah nama domain dan com adalah ekstensi.

Sub Domain adalah domain turunan dari domain utama. Semisal penulis.codejurnal.com, atau www.codejurnal.com. www ini termasuk sub domain lho kawan. Sub domain bisa berdiri sendiri tanpa menggunakan isi website yang sama dengan domain.

Format karakter yang diperbolehkan dalam penamaan suatu domain adalah format huruf a – z, angka 0 – 9 dan simbol ( – ). Nama domain bisa kombinasi dari ketiga jenis karakter tersebut ataupun hanya salah satu saja. Itu tergantung selera pemilik domain saja.

Sekadar info, domain – domain di Dark Web dan Deep Web biasanya memiliki nama yang panjang dan meaningless (tidak punya arti).

Pada dasarnya, domain itu berbayar dan perlu membeli ke penyedia layanan domain, namun sub domain itu gratis jika kita sudah memiliki domainnya. Jadi, semisal pembaca punya domain dan ingin membuat sebuah sub domain lagi, maka pembaca hanya perlu mengatur di DNS nya saja.

Fungsi Domain

Fungsi domain adalah untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu website karena nama yang mudah di spelling atau diucapkan cenderung mudah diingat daripada kumpulan angka pada IP Address. IP Address v4 aja sudah lumayan panjang, apalagi mau mengingat-ingat IP Address v6 ya, hehe.

Fungsi domain juga erat kaitannya dengan Hosting. Jika pembaca belum tahu apa itu Hosting, pembaca bisa baca:

Apa itu Hosting dan Tips Memilih Hosting yang Bagus

Level Domain

Siapa bilang cuma Game saja yang punya tingkat level, domain pun punya tingkat level lho. Ini dia beberapa level domain, yaitu:

  • Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com, .net, .org, .edu, .gov, .mil, .info, dan lain sebagainya. Top Level domain ada dua macam, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah domain yang bersifat global dan tidak terkait pada negara manapun, dan ccTLD adalah domain yang diperuntukkan oleh masing-masing negara seperti .id untuk Indonesia, .jp untuk Jepang dan lain sebagainya.

  • Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain adalah nama domain yang didaftarkan. Semisal website ini adalah CodeJurnal.com, maka CodeJurnal sebagai SLD dan .com sebagai TLD.

  • Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama setelah second Level Domain. Kalau pada penjelasan diatas, Third Level Domain sama halnya dengan Sub Domain. Bedanya adalah Sub Domain adalah domain turunan milik kita sendiri, sedangkan Third Level Domain adalah domain turunan yang diperjual-belikan. Contoh – contoh Third Level Domain ialah .my.id, .co.id, .net.id, .web.id yang diperjual belikan di Indonesia.

Domain Milik Indonesia

Indonesia memiliki domain asli sebagai ciri khas Indonesia di dunia per-domain-an. Domain ini adalah domain .id (dot id). Domain .id dikelola oleh PANDI, sebuah badan hukum yang bertugas memperjual-belikan domain .id beserta turunannya. Dot id ( .id ) sebagai Top Level Domain juga memiliki Third Level Domain yang diperjual-belikan, yaitu .co.id, .net.id, .web.id, .gov.id, .org.id, .mil.id., .sch.id.

About Randy Bastian

Seorang Software Engineer yang belajar menulis, SEO dan hal-hal lain di dunia IT.

Check Also

sistem operasi

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi atau Operating System (OS) berdasarkan Wikipedia adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript